Dinas Kominfo Gelar Rakor, Bahas Persiapan Penilaian Mandiri SPBE
BukaBaca.ID, Selayar – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Bidang Aptika Dinas Kominfo Statistik dan Persandian melakukan rapat tim koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati, Jum’at (7/6/2024).
Rapat tersebut dipimpin oleh Asieten Perekonomian dan Pembangunan Ir. H. Arfang Arif, didampingi oleh Kadis Kominfo SP Drs. Ahmad Yani bersama Kabid Aptika Andi Citra Opu dengan menghadirkan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar.
Dalam rapat ini membahas kesiapan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar mengikuti penilaian mandiri SPBE pada Bulan Juni-Juli 2024. Diketahui bahwa pada Tahun 2024 ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi RI akan melakukan evaluasi terhadapat SPBE pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia.
“Kegiatan rapat yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk mencari solusi atas kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah daerah dalam penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” ucap Arfang Arif.
Dikemukakan dari hasil monitoring dan evaluasi SPBESPBE tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar memperoleh indeks 1,93 dengan kategori cukup.
“Kita berharap dengan adanya sinergi dan kolaborasi tim koordinasi SPBE Kabupaten Kepulauan Selayar dan dukungan seluruh perangkat daerah dalam hal alokasi anggaran SPBE dapat mewujudkan penyelenggaraan SPBE sesuai dengan arahan Presiden RI tentang digitaliasi birokrasi menjadi kewajiban bagi intansi pusat dan pemerintah daerah serta mampu mendongkrak hasil monitoring dan evaluasi spbe 2024 pemerintah kabupaten kepualauan selayar ke kategori baik,” jelas Arfang Arif.
Terkait dengan hal tersebut, terpantau dalam rapat ini banyak mendiskusikan kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan SPBE serta menawarkan berbagai soulusi dari kendala yang ada, terutama pada indikator masing-masing domain SPBE yang dibedah oleh peserta rapat. (Tim Humas)
Tinggalkan Balasan