Anggota DPRD Selayar H. Yonder ke ASDP: Kebersihan Kapal Feri Tolong Dijaga untuk Kenyamanan Penumpang
BukaBaca.ID, Kepulauan Selayar – Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar rapat kerja dengan ASDP, Syahbandar , dan Dinas Perhubungan, membahas berbagai isu terkait transportasi laut, termasuk penjualan tiket secara online, kebersihan, pelayanan, dan peningkatan fasilitas kapal feri serta jadwal rute kapal Pelni Sultan Hasanuddin.
Dalam rapat tersebut, H. Yonder menyoroti pentingnya penjualan tiket secara daring untuk kapal Pelni dan feri Taka Bonerate. Hal ini dinilai dapat mengurangi antrian panjang di pelabuhan, memberikan kemudahan bagi masyarakat, serta meningkatkan efisiensi dalam pelayanan.
Selain itu, dia juga mengusulkan peningkatan fasilitas kapal feri Taka Bonerate. “Mengingat durasi pelayaran ke pulau-pulau yang cukup panjan, merekomendasikan penggantian kursi penumpang dengan tempat tidur susun. Langkah ini dianggap lebih nyaman bagi penumpang dan sejalan dengan standar pelayanan transportasi laut yang memadai,” pintanya.
“Pelayanan kebersihan di kapal dan pelabuhan juga harus menjadi perhatian utama. Kita perlu memastikan bahwa kebersihan kapal dan fasilitas pendukung lainnya sesuai dengan standar, demi kenyamanan dan kesehatan penumpang,” tambah H, Yonder.
Dalam kesempatan yang sama, jadwal dan rute kapal Pelni Sultan Hasanuddin turut menjadi sorotan. Komisi III DPRD Selayar juga merekomendasikan rute pelayaran yang lebih efisien, yakni Makassar-Selayar-Jampea, serta sebaliknya Jampea-Selayar-Makassar. Rute ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat di ketiga wilayah tersebut secara optimal.
Rapat ini menjadi momentum penting bagi DPRD Selayar untuk mendorong peningkatan kualitas layanan transportasi laut, yang merupakan urat nadi perekonomian dan mobilitas masyarakat di Kepulauan Selayar.
Pemerintah daerah diharapkan segera menindaklanjuti rekomendasi tersebut agar dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.Sementara itu, Perwakilan ASDP menyampaikan akan meneruskan masukan-masukan Komisi III DPRD Selayar kepada pimpinan.
“Kami akan melakukan yang terbaik kepada masyarakat Selayar. Dan kami akan meninggtkan layanan kepada penumpang,” tutur pihak ASDP. (fdy/fdy)