Wujudkan Kenyamanan Masyarakat, Polres Maros Terapkan Sistem Pelayanan One Gate
bukabaca.id, Maros – Demi meningkatkan kualitas Pelayanan Kepolisian di Polres Maros, berbagai upaya pun dilakukan Polres Maros, salah satunya yakni dengan mengubah sistem pelayanan d Polres Maros, Senin (31/5/2021).
Pelayanan di Polres Maros kini telah menggunakan gedung Pelayanan satu atap. Di mana Masyarakat bisa mendapatkan keseluruhan layanan di Polres Maros, dalam satu area yang sama bahkan juga terkoneksi antara satu sama yang lain.
Pelayanan SIM, SKCK, SPKT, Layanan Call Centre 110, aduan masyarakat hingga loket Konsultasi Hukum bisa dilayani di gedung pelayanan tersebut, dengan menerapkan One Gate Sistem. Di mana pintu masuk dan pintu keluar sudah ditentukan.
Terkait pelayanan tersebut, Kapolres Maros, Akbp Musa Tampubolon mengatakan bahwa gedung pelayanan di Polres Maros kini telah menetapkan one gate sistem.
“Gedung pelayanan di Polres Maros kini dipusatkan disatu gedung dengan menerakan One gate sistem,dimana semua pelayanan kepolisian ada di lokasi yang sama. Pelayanan SIM, SKCK, SPKT, Layanan Call Centre 110, aduan masyarakat hingga loket Konsultasi Hukum ada di gedung pelayanan tersebut,” jelasnya.
“Di gedung pelayanan satu atap ini juga dibuat modern dengan menggunakan loket antrian serta standart kepuasan masyarakat yang berbasis digital. Selain itu kami juga menyediakan fasilitas bermain anak,ruang laktasi bagi ibu menyusui serta pelayanan yang ramah difabel dengan menyediakan kursi roda serta jalurnya,” jelasnya.
Lebih lanjut katanya, untuk ruang tunggu dan ruang antrian juga dibuat senyaman mungkin dengan menyediakan ruangan bersih, full AC, pojok baca serta charging Box.
Sementara katanya, dari segi SDM Pelayanan juga telah ditingkatkan oleh Polres Maros dengan menempatkan Polwan di front desk serta operator yang dilatih sebagai operator layanan.
“Ketika masuk ke ruang pelayanan Masyarakat akan disambut oleh Polisi wanita sebagai Front Desk yang akan mengarahkan Masyarakat untuk dapatkan layanan. Kami juga menjamin pelayanan di Polres Maros bebas dari pungli dan percaloan dengan menempatkan Personil yang berintegritas serta menerapkan reward dan Punishment kepada Seluruh personil,” pungkasnya.
Dengan adanya sistem one gate ini, Kapolres Maros berharap semoga pelayanan tersebut bisa memberikan kualitas pelayanan terbaik dan dampaknya bisa dirasakan langsung oleh Masyarakat.
“Kami berharap dengan peningkatan kualitas pelayanan di Polres Maros ini bisa memberikan pelayanan terbaik dan dampaknya bisa dirasakan langsung oleh Masyarakat,” tutupnya.